[Sekilas Tentang Buku] Novel Thriller Psikologi: MAMA Karya Wulan Mulya Pratiwi & Erby S.

cover-nya serem, ya

Novel ini mengisahkan seorang perempuan bernama Mala yang memiliki masa lalu yang kelam, karena kehadirannya yang tidak diinginkan oleh ibunya. Pada masa kecil Ia kerap mendapat kekerasan baik fisik maupun verbal. Ini menyebabkan Ia memiliki gangguan kepribadian ganda yang berlanjut sampai Ia dewasa.

Singkat cerita ketika Ia sudah menikah, hamil dan melahirkan, Ia seperti terpenjara di rumahnya sendiri. Berhadapan dengan mertua yang selalu meremehkan dan menghinanya, mengurus rumah tangga, mengurus bayi nya yang rewel, hingga menyiapkan masakan setiap pagi. Begitu berat beban fisik dan psikis yang dirasakannya setiap hari. Terlebih lagi tidak adanya perhatian dari suami.

Kondisi psikologisnya terus memburuk, singkat cerita, bahkan Ia sampai membunuh bayinya sendiri dan setelah itu melakukan beberapa pembunuhan dan tindakan kekerasan.

Saat membaca buku ini, saya jadi ingat dengan framing-framing berita di media. Dimana disana ditulis “seorang ibu tega membunuh anak kandungnya sendiri”. Ini mungkin membuat banyak dari kita merasa marah pada si Ibu dan mungkin mengutuk perbuatannya. Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, bisa jadi ibu itu mengalami trauma masa kecil yang belum sempat dipulihkan, kurangnya perhatian dari keluarga terlebih dari suaminya, sehingga mungkin Ia merasa berjuang seorang diri menghadapi tingkah bayinya yang mungkin susah dimengerti, belum lagi ditambah mengurus rumah tangga dan segala kesibukan lainnya. Itu sangat melelahkan. Bukan berarti pula membunuh merupakan hal yang benar, tetapi segala sesuatu pasti ada penyebabnya, dan daya tahan setiap orang untuk menghadapi cobaan juga berbeda-beda.

Pernahkah kamu tahu tentang psikosis post partum?

Sekilas tentang psikosis post partum

Yang membuat saya tertarik dengan novel ini yaitu, adanya informasi/pengetahuan baru tentang gangguan psikosis post partum. Ini merupakan gangguan yang paling parah, yang merupakan lanjutan dari baby blues, dan depresi berat postpartum. Gejala penyakit ini yaitu:

  1. Merasakan gangguan dari dalam diri, seperti diperintah untuk menyakiti diri sendiri, bayi dan orang lain.
  2. Kebingungan yang tiba-tiba
  3. Sering menangis tanpa sebab
  4. Mengalami delusi dan halusinasi
  5. Paranoid
  6. Mood swing yang ekstrem
  7. Sering merasakan sakit kepala, jantung berdebar, napas cepat dan mudah lelah
Catatan untuk para suami

Buku ini ditutup dengan catatan untuk para suami. Ini merupakan pengingat bagaimana cara bersikap dan apa yang seharusnya dilakukan agar seorang istri bisa tetap sehat mental selama hamil dan selama merawat bayi. Perhatian dari suami merupakan hal yang PALING PENTING disini.

Identitas Buku

Judul:Novel Thriller Psikologi: MAMA
Penulis:Wulan Mulya Pratiwi dan Erby S.
Penerbit:Elex Media Komputindo
Tahun Terbit:2018
Jumlah Halaman:144+
Harga:44.800
ISBN:978-602-04-5519-8

Tinggalkan komentar