Kesalahan Tulisan Di Buku “Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an”

Terdapat beberapa kesalahan ketik pada buku tersebut. Tapi pertama-tama saya perlihatkan dulu informasi bukunya.

Informasi Edisi Buku

Halaman 38

Baris ke-9, kata “dengat”, seharusnya “dengan”

Halaman 45

Baris ke-19 dan ke-20. Kurs rupiah lebih tinggi daripada dolar Amerika

Halaman 53

Baris ke-15 “berremu”, seharusnya “bertemu”.

Halaman 62

Kata “terbut”, seharusnya “tersebut”.

Halaman 78

Terdapat 2 kata “Anda”.

Halaman 87

Terdapat 2 kata “jika”.

Halaman 96

Kata “patuh”, yang seharusnya “patung”.

Halaman 105

Kata “hak”, yang seharusnya “hal”.

Halaman 136

Untuk halaman ini, saya hanya kurang mengerti terhadap kalimatnya. Kalimatnya berbunyi sebagai berikut.
“Apabila pendapatan awal Anda tiga ratus juta rupiah, sampai Anda pensiun, perusahaan berinvestasi terhadap Anda sebesar 1,2 miliar rupiah (dengan anggapan pendapatan saat berumur 26 tahun sampai pensiun pada umur 60 tahun memiliki jumlah yang sama).”

Pertanyaan saya, dapat 1,2 miliar darimana?

Halaman 78, 126, 129, 148, 161

Di halaman tersebut terdapat 1 kata yang sama yaitu “mencaritahu”.
Setahu saya “mencari” dan “tahu” merupakan kata yang berdiri sendiri dan penulisannya dipisah, tetapi di buku ini, kata tersebut muncul berkali-kali, yakni di halaman 78, 126, 129, 148 dan 161.

Saya berpikir kalau itu merupakan kesalahan, tidak mungkin akan muncul berkali-kali di buku, apalagi di buku terbitan penerbit mayor di Indonesia. Apakah kata “mencaritahu” itu merupakan kata yang benar?

Saya mohon maaf jika ada kesalahan pada tulisan ini. Saya bukan seorang editor, melainkan seseorang yang hanya iseng membaca buku. Tapi kalau bisa jadi editor atau proofreader boleh juga sih 😅.

Tinggalkan komentar